Wednesday, November 21, 2012

Tips menurunkan dan menjaga kolesterol secara alami

Pertama, memulai pola makan sehat. Yaitu dengan memakan lebih banyak sayuran dan buah daripada daging atau lauk pauk. Komposisinya untuk sayuran dan buah adalah 80% lebih dan sisanya lauk pauk.

Sayuran ini lebih baik jika bermacam-macam jenisnya dan tentunya merupakan sayuran organic. Lalu untuk lauk pauk juga diusahakan memakan ikan-ikanan yang banyak mengandung asam omega3. Atau dagingpun boleh asalkan dihilangkan lemaknya dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama dan berkali-kali.

Pola makan sehat juga cangkupannya adalah dengan tidak memakan gorengan yang berlebihan. Apalagi gorengan yang dimasak dengan menggunakan minyak dua kali pakai. Konsumsi minyak zaytun atau minyak kelapa. Atau menggunakan minyak tersebut untuk menggoreng merupakan tindakan yang baik untuk menjaga agar kolesterol tetap terkontrol.

Serta mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kacang almond mentah dan kenari.

Yang kedua adalah olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Olahraga bisa dilakukan 3-5 kali dalam satu minggu. Olahraga ini merupakan olahraga yang teratur. Baik waktu maupun gerakannya. Untuk lebih memudahkan lakukan jogging atau lari-lari kecil sekitar 15 menit dan peregangan otot-otot atau senam kecil 15 menit setiap pagi. Bisa dilakukan pada jam 5.30 sampai jam 06.00.

Untuk mengantisipasi agar kita mempunyai tenaga saat berolahraga hendaknya kita lakukan sarapan ringan terlebih dahulu seperti minum the manis atau susu yang rendah lemak dan gula.

Istirahat juga diusahakan teratur waktunya sekitar 7-8 jam per hari. Tidur diawal malam lebih baik daripada tidur di akhir malam. Biasakan tidur paling lambat jam 9 atau jam 10 malam, sehingga kita bisa bangun lebih pagi antara jam 3 atau jam 4. Sehingga kita punya kesempatan untuk bermeditasi pada saat bangun tidur.

Selanjutnya yang ketiga, dengan menjaga tingkat stress. Kolesterol juga sedikit banyak dipengaruhi oleh tingkat stress seseorang. Umumnya stress ini dipengaruhi oleh keluarga, pekerjaan dan social. Jadi hal-hal tersebut tidak bisa kendalikan sepenuhnya. Yang bisa kita kendalikan adalah diri kita sendiri. Ada baiknya kita belajar kerohanian secara rutin setiap minggu. Luangkan waktu 2-3 kali untuk belajar kerohanian. Agar kita bisa mempunyai banyak referensi dalam hidup, sehingga hal tersebut bisa menghindarkan kita dari stress setiap hari.

Lalu yang keempat, yang terakhir. Tidak merokok dan tidak meminum minuman beralkohol. Saat ini sudah menjadi kebiasaan orang-orang Indonesia untuk merokok, mulai dari anak SD sampai orang tua. Nah efek dari merokok ini akan menaikkan kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, jika kita ingin menjaga kesehatan kita dengan baik hendaknya menghilangkan kebiasaan merokok ini, apalagi jika kebiasaan ini diikuti dengan minum alcohol. Sebaiknya anda harus menghentikannya untuk kesehatan dikemudian hari.

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga. Jika alasan mereka merokok dan minum untuk menghilangkan stress. Itu merupakan anggapan yang sangat konyol karena dua perbuatan tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah mereka. Jadi mulai sekarang berhenti merokok dan minum minuman beralkohol agar badan tetap sehat.

Ke empat poin tadi yang bisa saya sampaikan agar kita bisa mengontrol kolesterol secara alami. Umur memang bukan manusia yang menentukan tapi alangkah baiknya kita menjaga dan merawat apa yang sudah dititipkan. Toh pada kenyataannya kita tidak rugi sama sekali jika kita menjalankan poin-poin diatas.

No comments:

Post a Comment