Friday, November 23, 2012

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan anugrah yang tak ternilai harganya, oleh karena itu siapapun dari kita wajib untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Saat ini banyak sekali aktivitas kita setiap hari yang sangat membutuhkan fungsi indera ini, oleh karenanya kita harus bisa menjaga dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk menjaga kesehatan mata anda :

1. Berhenti merokok
Asap rokok dapat menyebabkan mata menjadi kering. Jarak yang terlalu dekat antara mulut, hidung dan mata memberikan kemungkinan mata untuk terkena polusi asap rokok menjadi lebih besar. Kerusakan yang diakibatkan oleh asap rokok ini cukup serius, karena racun dalam rokok yang berbahaya ditambah intensitas masuknya asap yang lebih sering menjadikan mata lebih rawan terkena infeksi atau peradangan.

Solusinya tidak ada lagi selain menghentikan kebiasaan merokok. Berkumpul dengan orang-orang yang merokok juga akan berdampak tidak baik, karena asap rokok yang orang lain keluarkan juga bisa masuk ke mata kita.

3. Berikan Nutrisi yang baik untuk mata

Makan sayuran yang baik akan membuat mata kita terawat dari dalam. Sayuran yang sejak dulu berguna sebagai nutrisi yang baik untuk mata adalah wortel. Biasakan makan sayuran ini setiap hari, atau jika bosan lakukan variasi dalam menyajikan hidangan sayuran ini sehingga kita tidak lagi bosan memakannya.

Bisa dimasak dengan cara di tumis dengan udang atau daging, atau dijadikan sate salad. Bahkan kita bisa membuatnya menjadi jus yang segar. Semua cara tersebut bisa anda lakukan setiap hari atau paling tidak selalu ada dalam menu makan yang anda sisihkan setiap minggunya.

selain wortel ada banyak buah dan sayuran lainnya yang bisa kita jadikan santapan yang bergizi dan menyehatkan bagi mata, diantaranya adalah :
  • - Brokoli
  • - Daun Kol
  • - Bayam
  • - Mentimun
  • - Semangka
  • - Buah Berry
  • dan masih banyak lagi.

sedikit tips untuk memasak sayuran yang banyak mengandung vitamin A ini sebaiknya tidak terlalu matang, karena akan menghilangkan kandungan vitamin dan serat yang ada pada sayuran tersebut.

4. Lindungi mata dari sinar matahari

Melindungi mata dari radiasi yang dipancarkan oleh sinar matahari merupakan nasihat yang baik. Karena efek radiasi itu sendiri memang sangat berbahaya bagi tubuh. Bagian tubuh seperti kulit saja bisa terbakar jika berlama-lama berada di bawah pancaran sinar matahari, terlebih lagi mata yang selaputnya jauh lebih tipis dibanding kulit. Tentu akan sangat berbahaya sekali jika mata ini terus menerus terkena sinar matahari.

Tips untuk anda yang bekerja di lapangan, yang setiap hari harus terkena oleh sinar matahari, maka gunakanlah pelindung mata seperti kacamata hitam atau kacamata anti radiasi yang mampu membiaskan sinar matahari yang datang.

5. Gunakan Pelindung Mata Saat Berkendara

Jika anda seorang bikers atau pengendara motor, maka hendaklah menggunakan pelindung mata saat anda berkendara. Pelindung mata ini berguna untuk menangkal sinar matahari pada siang hari atau selain itu juga berguna untuk melindungi mata kita dari debu dan partikel kecil yang ada di jalanan yang jika kita tidak menggunakan pelindung akan sangat rentan sekali masuk ke mata kita.

Jika pada siang hari, selain menggunakan helm kalau anda harus berhadapan langsung dengan terik sinar matahari, maka gunakan pelindung tambahan seperti kacamata hitam, atau pelindung khusus mata yang bisa anda dapatkan di toko aksesoris motor. Dan untuk malam hari maka cukup dengan menggunakan helm yang half-face atau full-face.

7. Konsumsi Vitamin Untuk Mata

Vitamin mata saat ini sangat diperlukan karena perlu diakui bahwasannya saat ini kita sangat jarang memperhatikan kesehatan mata ini, oleh karena itu mengkonsumsi vitamin untuk mata harus sudah menjadi bagian check list kita saat ini. Ada banyak produk vitamin untuk kesehatan mata, tapi pilihlah vitamin yang berasal dari tumbuhan alami, karena walaupun harganya sedikit lebih mahal tapi tidak mempunyai efek samping dan aman digunakan setiap hari.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif namun kegunaannya sangat banyak sekali, seperti membaca, menonton televisi, belajar dan masih banyak lagi. Oleh karena itu menjaga kesehatan mata yang hanya dua ini menjadi sebuah keharusan bagi kita yang ingin terus tetapi ingin mempunyai penglihatan yang bagus sampai tua nanti.

No comments:

Post a Comment