Wednesday, November 28, 2012

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

Bagaimana cara untuk menghilangkan komedo di wajah, atau lebih tepatnya di hidung ? Pada kesempatan kali ini amih akan berbagai tips tentang cara untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah, atau lebih spesifiknya lagi hidung. Karena komedo memang selain di hidung juga bisa muncul dimana saja, tapi pembahasan kali ini khusus untuk daerah tersebut. Karena percuma saja kita punya kulit yang bersih putih tetapi dipenuhi dengan komedo dan terlihat bintik-bintik ?

Kelembaban udara serta polusi dapat membuat kelenjar minyak yang ada dalam kulit untuk terus menerus aktif, yang akhirnya dapat menimbulkan adanya komedo. Bintik kecil tersebut yang biasanya berisi lemak dan minyak muncul di sekitar wajah khususnya hidung, walaupun ada juga yang timbul di bagian tubuh lainnya seperti punggung.

Menjadikan kulit wajah terasa lebih sempurna memang diperlukan sebuah perawatan yang khusus. Begitupun ketika ada gejala seperti komedo ini, pasti kita akan merasa risih dan tidak percaya diri dan berupaya secepatnya untuk menghilangkan komedo tersebut di hidung kita. Perlakuan berbeda tentu untuk menghilangkan komedo daripada menghilangkan jerawat. Karena komedo ini walaupun lebih gampang dibasmi tapi lebih juga datang kembali.

Berikut ini adalah cara mengatasi komedo yang ada di sekitar muka atau lebih spesifiknya yang berada di hidung :

1. Menggunakan Scrub
Kita bisa membelinya di minimarket, supermarket atau toko terdekat. Scrub ini bekerja guna menghilangkan sel kulit yang mati serta menumbuhkan kembali sel kulit yang baru. Sel kulit yang mati bisa memperburuk situasi wajah anda jika tidak segera dihilangkan. Gunakan scrub pada bagian wajah seperti pada hidung, dagu dan dahi. Tiga daerah tersebu yang merupakan tempat tumbuh suburnya komedo.

2. Menggunakan Handuk Hangat
Simpan kain yang sudah dibasahi air hangat keatas kulit wajah yang berkomedo. Panas yang ditimbulkan akan membantu menghilangkan rasa perih ketika mengeluarkan komedo. Selain itu juga, handuk yang panas tadi akan mengurangi gejala infeksi yang biasa terjadi akibat pengangkatan komedo tersebut.

3. Menggunakan Kulit Jeruk
Akan sedikit terasa perih tapi memang hasilnya akan sebanding. Kulit jeruk ini membuka pori-pori wajah serta mengeluarkan komedo yang bersembunyi dibawah lapisan kulit. Ada banyak cara untuk melakukan terapi ini, salah satunya adalah dengan menghaluskan kulit jeruk dengan menggunakan blender lalu diberi sedikit air agar menghasilkan campuran yang kental. Balurkan campuran tersebut di wajah, terutama bagian hidung, dahi dan dagu. Biarkan selama anda tidur pada malam hari dan bilas dengan air hangat pada pagi harinya.

4. Menggunakan Pasta Gigi atau Odol
Pasta gigi atau odol juga rupanya bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Oleskan sedikit odol pada bagian dari wajah yang terdapat komedo. Lalu biarkan hingga kering. Setelah kering bersihkan dengan kapas atau tisu basah atau handuk yang sudah dibasahi air hangat. Pasta gigi ini lebih memudahkan anda untuk menyingkirkan komedo.

Semua cara menghilangkan komedo diatas merupakan cara-cara yang alami, murah, tidak membutuhkan banyak biaya serta ampuh untuk menghilangkan komedo anda. Karena punya wajah bersih berseri memang dambaan setiap manusia, baik pria maupun wanita. Tapi jika memang anda sudah mencoba semua tips diatas tapi tidak juga kunjung berhasil, atau memang gejala komedo anda merupakan gejala komedo stadium tinggi, ada baiknya anda segera konsultasikan masalah ini ke dokter kulit.

No comments:

Post a Comment