Monday, November 19, 2012

Belajar Menjaga Kesehatan Sendiri

Sudah hampir satu bulan lebih amih saat ini sudah banyak belajar, terutama belajar bagaimana caranya menjaga kesehatan diri sendiri. Bagaimana mengatasi pola tidur yang tidak menentu, serta bagaimana cara menjaga asupan makanan setiap hari. Bahkan perkembangan yang paling bagus adalah ketika saya tahu amih sudah bisa mengendalikan stress yang ada, sehingga ini akan sangat berguna untuk amih agar tetap sehat.

Untuk Amih, pola tidur yang kurang baik memang sangat kompleks, sebelumnya amih merasa tidur di malam hari selalu kurang maksimal, karena harus terjaga terus beberapa kali setiap malam, entah harus kencing berkali-kali ke kamar mandi, pundak rasanya tegang, terlalu banyak pikiran atau memang insomnia yang sulit dikendalikan. Alhasil ketika bangun pagi, badan rasanya lemas dan tidak berenergi.

Pagi hari harus segera aktivitas, walaupun tidak berat tapi cukup menyita tenaga yang memang hampir tidak ada. Aktivitas pagi berkisar antara pergi ke tukang sayur, beli sarapan dan masak, serta kalau sempat ikut mba ani sama-sama membersihkan rumah dan halamannya.

Tapi saat ini kondisi tersebut mampu diatasi dengan baik oleh amih. ada beberapa poin yang saya tangkap sehingga amih saat ini lebih terkontrol lagi tidur malamnya :
  1. Kadar Gula yang Rendah. untuk mencegah agar gula darah tidak naik, maka amih rajin minum obat dan kalau pun gula darah sedang ada di puncaknya maka amih sudah tau solusinya, yaitu dengan menyuntikkan sedikit insulin di perut. Selain itu amih juga selalu makan malam di awal waktu yaitu sekitar jam 5 sore atau paling lambat jam 6. saat ini gula darah amih berkisar antara 100-170, dulu angkanya berkisar 250-450.
  2. Selalu Sedia Makanan Ringan. Salah satu penyebab kenapa amih ketika bangun malam hari dan tidak bisa tidur lagi adalah karena perut yang terasa lapar, namun karena punya penyakit diabetes maka harus berpikir ribuan kali untuk menyantap makanan di tengah malam, karena alih-alih perut kenyang, yang ada malah gula darah yang menjulang. Kalau sudah tinggi maka badan terasa lemas semua, bahkan bisa sampai detak jantung yang tak normal. Nah dengan adanya makanan ringan, setiap kali lapar maka amih langsung menyantap makanan tersebut. Perlu diperhatikan bahwa makanan yang tersedia adalah makanan dengan kadar kalori yang rendah.
  3. Mengganti tidur yang hilang pada malam hari dengan tidur yang cukup pada siang hari. Ada kalanya amih biasa tidur pada siang hari sebagai antisipasi jika nanti malam susah untuk tidur, setidaknya amih sudah beristirahat. Lalu biasanya yang dikerjakan adalah membaca sms atau baca-baca buku yang ada sehingga waktu malam pun menjadi lebih produktif. 
untuk menjaga asupan makanan amih selalu mengontrolnya sendiri, mulai dari memasak hingga jam makannyapun sudah bisa dikelola dengan baik. Biasanya kalau pagi hanya disediakan roti tawar atau waffer diabet dan segelas susu yang di mix antara susu kacang kedelai, anlene gold, dan diabetasol.

pada siang hari, biasanya ada nasi merah yang menjadi asupan utama, ditambah seabreg sayuran dan buah-buahan seperti pepaya, melon dan mangga. Lauk pauknya pun sangat ketat seperti daging yang sudah di rebus hingga lemaknya hilang dan juga tahu dan tempe yang sudah divariasikan cara masaknya.

dan menu pada malam hari, kurang lebih hampir sama dengan siang hari, hanya saja dilakukan pada waktu sore sekitar pukul 5 sore dan dengan porsi yang sedikit lebih kecil dibandingkan makan siang.

sekian cerita amih yang saat ini sudah berhasil menjaga kesehatan badannya sendiri dan semoga terus diberi kesehatan baik secara mental maupun jasmaninya sehingga bisa terus bermanfaat untuk banyak orang.

No comments:

Post a Comment