Thursday, November 22, 2012

Tips menjaga agar gula darah tidak tinggi

Yang pertama, yaitu makanlah sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Mengapa perlu makan sebelum rasa lapar datang, itu berguna agar kita terhindar dari penyakit maag. Tapi susah deh gimana kita tahu kalau kita ini mau lapar atau cara mengetahui waktu sesaat sebelum lapar?. Sebenarnya badan kita sudah bisa mengetahui kapan kita akan lapar. Maka pergunakanlah waktu tersebut untuk makan.

Karena menunda maka hingga rasa lapar datang, bisa berakibat terjadi gangguan pada lambung. Lalu berhenti makan sebelum kenyang juga punya manfaat yang sama, yaitu agar kinerja lambung kita tidak di forsir terus menerus. Jadi gunakan lambung seperlunya. Nah kalau perlu kita makan sedikit tapi sering. Misalnya porsinya ¼ piring tapi bisa makan 5-6 kali. Dan tetap memegang kaidah maka sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Yang kedua, memperbanyak serat. Makan makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran, itu berguna untuk membersihkan pencernaan kita dari sisa-sisa makanan yang menjadi kotoran. Jika kotoran ini tersimpan lama dalam tubuh kita, maka itu akan menjadi racun. Jadi mengkonsumsi sayuran dan buah itu berarti kita hendak menghilangkan racun yang ada pada tubuh kita.

Yang ketiga, memperbanyak minum air putih. Nah, air putih ini bersifat netral. Fungsinya yaitu membantu pencernaan dan membersihkan pencernaan. Air putih juga merupakan alat untuk membuang racun, biasanya lewat keringat atau air kencing. Meminum air putih yang banyak tentu mengakibatkan kita jadi sering kencing. Nah dari kencing ini sebenarnya kita sudah mengeluarkan berbagai kotoran dalam tubuh.

Semakin banyak air yang mengalir dari tubuh kita, yang masuk dan keluar. Maka semakin banyak pula racun yang dikeluarkan. Minum air putih hendaknya tidak terlalu banyak ketika kita sedang makan. Air putih sebaiknya diminum lima belas atau 30 menit setelah makan selesai. Air putih yang diminum ketika makan hendaknya tidak berlebihan, hanya berguna untuk membantu lambung mengunyah makanan.

Yang keempat, olahraga secara teratur. Gula darah diakibatkan oleh terlalu banyak kalori dalam tubuh. Jadi lakukan olahraga ringan untuk membakar kalori yang tidak terpakai. Olahraga bisa dilakukan sekitar rumah, misalnya jalan pagi, bersepeda santai, atau berenang. Lakukan secara teratur 3 sampai 5 kali dalam satu minggu. Dengan masing-masing waktu 30 sampai 45 menit.

Yang kelima, selalu menyiapkan cemilan yang rendah kalori. Nah karena penyakit diabetes ini sebelumnya disebabkan oleh kebiasaan “ngemil”. Maka saat ini kebiasaan tersebut harus dialihkan dengan cemilan yang rendah kalori. Walaupun asupan makanan terus ada, tetapi karena rendah kalori, jadi tidak akan berefek signifikan pada kenaikan gula darah.

Yang keenam, yang terakhir, dengan mengendalikan stress. Pemacu tingginya gula darah juga dikarenakan oleh stress. Sebaiknya lakukan meditasi secara teratur. Meditasi bisa dilakukan setiap hari di awal pagi yaitu antara jam 3 sampai jam 4, atau lebih pagi lagi. Agar pikiran kita jadi lebih tenang, dan kita mampu mengendalikan stress dan segala permasalahan yang ada setiap hari.

Usaha yang gigih serta sabar dan tekun tentu akan berbuah manis. Orang yang sakit diabetes tidak dapat dipantrang apapun, mereka harus bebas tapi tetap dalam batas yang wajar. Jadi makanlah apa yang anda suka tapi tidak berlebihan dan tetap jalankan tips diatas dengan penuh keceriaan.

No comments:

Post a Comment