Sunday, November 25, 2012

Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Seseorang yang mempunyai resiko terhadap penyakit diabetes saat ini harus mulai untuk mengontrol gula darahnya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan diet aman terhadap makanan yang dikonsumsi setiap hari. Diet aman disini ialah diet yang tidak beresiko pada kesehatan anda nantinya. Tips lainnya ialah dengan memulai hidup sehat seperti berolahraga dan menghilangkan kebiasaan buruk selepas pulang dari kantor.

Ada 6 jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, seperti yang telah dilansir oleh prevention, pada jumat lalu :

1. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega3 yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi peradangan dalam tubuh serta meningkatkan resistensi insulin.

2. Kacang

Penelitian para ahli menunjukkan bahwasannya mineral dan kalsium yang terdapat pada kacang mampu membantu terjadinya proses pembakaran pada lemak tubuh. Kacang juga ternyata mengandung serat yang cukup tinggi yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih dini, serta dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Lemak pada kacang ini ternyata lebih baik daripada lemak yang ada di daging merah, karena lemak pada daging merah bisa menyumbat arteri dan seterusnya bisa menyebabkan penyakit jantung.

3. Gandum

Di dalam gandum terdapat sejenis serat larut yang biasa disebut dengan beta-glucan. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa beta-glucan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu juga, serat gandum dapat membantu untuk menurunkan berat badan serta menstabilkan kadar gula darah.

4. Sayuran hijau

Pada sayuran hijau terdapat vitamin B yang berguna untuk menurunkan kadar homosistein, yaitu sebuah asam amino yang bisa meningkatkan resiko sakit jantung apabila ada pada angka yang sangat tinggi. Selain itu sayuran hijau juga kaya akan serat dan asam folat yang berguna untuk kesehatan jantung anda. Kondisi jantung yang sehat akan menurunkan resiko terhadap diabetes.

5. Susu

Sebuah studi memperlihatkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 800 IU vit.D dan lebihdari 1200 mg kalsium setiap hari mempunyai angka resiko diabetes yang menurun hingga 33 persen. Jadi susu memang merupakan salah satu sumber vitamin D dan kalsium terbaik yang ampuh untuk mencegah diabetes.

Anda juga bisa mengkonsumsi susu dengan cara yang berbeda seperti dijadikan yougurt atau keju yang rendah lemak.

6. Buah berri

Buah berri yang biasanya kita temukan seperti blackberry atau strawberry ternyata mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi bagi jantung anda. Pada tahun 2008 sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition mendapati bahwa seseorang dengan tingkat resiko penyakit jantung mengalami peningkatan jumlah tingkat kolesterol baik dan penurunan tekanan darah yang bagus setelah mengkonsumsi buah berry 8 minggu.

No comments:

Post a Comment