Monday, November 26, 2012

Manfaat Air Putih Agar Tubuh Tetap Sehat

Sudah lama sekali air putih dipercaya mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi untuk menjaga dan meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh. Serta memperkuat fungsi organ bagian tubuh lain agar bekerja secara optimal.

Selain keunggulan yang sudah disebutkan tadi, air putih juga mempunyai manfaat lain untuk siapapun yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari air putih jika kita banyak mengkonsumsinya setiap hari :

1. Dapat menjaga berat badan agar tetap ideal
Minum air putih akan membantu kita dalam mengatur nafsu makan. Serta metabolisme akan terus berada pada tingkat paling optimal sehingga hal tersebut bisa menjadi sensor bagi kita untuk memutuskan apakah akan makan atau tidak, sehingga prilaku seperti ini akan turut menjaga agar badan tetap ideal dan sehat.

2. Dapat Meningkatkan Energi.

Orang yang minum air putih dalam jumlah yang cukup, akan meningkat energinya sehingga ia tidak mudah menguap dan tetap waspada atau terjaga.

3. Dapat menyehatkan Tulang.

Tubuh perlu mendapatkan air yang cukup untuk membentuk sel-sel tulang baru dan untuk terus menjaga agar tulang tetap sehat. Ini merupakan alasan mengapa minum air putih yang cukup bisa membuat tulang menjadi sehat.

4. Dapat Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh.

Kegunaan air putih bermanfaat untuk membantu hati dan ginjal untuk terus bekerja secara optimal dikarenakan mendapat cairan yang cukup. Manfaat lainnya yaitu air dapat membantu mengeluarkan racun yang berbahaya dan limbah dari limfa serta usus, sehingga terbebas dari gangguan masalah kesehatan atau rasa tidak nyaman lainnya.

5. Meningkatkan Ketajaman Otak.


Berdasarkan penelitian, tingkat dehidrasi 1% dari berat tubuh bisa mengurangi fungsi otak kita. Otak memang memerlukan lebih banyak oksigen dibanding organ lain agar dapat bekerja secara optimal. Dengan banyak meminum air putih, maka otak akan terpenuhi kebutuhannya. Bahkan jika kita meminum air putih 8-10 gelas per hari mampu menaikkan performa kognitif otak sebanyak 30%.

6. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat.

Air putih dapat membantu untuk mengeluarkan racun yang ada pada kulit serta menjaga agar kulit kita terlihat sehat setiap hari. Banyak orang yang menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk membuat kulit mereka tampak bersih dan menarik, padahal ada tips yang dilupakan bahwa meminum air putih yang cukup setiap hari dapat membuat kulit menjadi sehat.

7. Menjaga Fungsi Sistem Pencernaan.

Jika mendapati gejala gangguan kesehatan seperti sembeli atau susah buang air besar, sebaiknya tidak langsung mengkonsumsi suplemen atau obat serat tinggi, melainkan cobalah dengan minum air putih yang banyak terlebih dahulu. Minum air putih yang cukup dapat membantu fungsi pencernaan agar bekerja lebih efektif. Salah satunya adalah membuat sistem pembuangan atau sekresi menjadi lebih efisien.

8. Melindungi jantung.

Ada fakta menarik berdasarkan penelitian, bahwa orang yang minum air putih lebih dari lima gelas per hari, mempunyai kemungkinan meninggal karena serangan jantung 41% lebih rendah daripada orang yang kurang minum air putih, atau hanya mengkonsumsi 2-3 gelas air putih dalam sehari (American Journal of Epidemiology). Selain itu efek dari minum air putih yang cukup setiap hari juga mengurangi resiko terkena kanker. Tubuh yang cukup mengkonsumsi air putih mengurangi resiko kanker usus sampai 45 persen, 50 persen untuk kanker kandung kemih, dan juga mengurangi kemungkinan dari resiko kanker payudara.

9. Mencegah sakit kepala.

Jika anda secara tiba-tiba terkena migrain atau sakit kepala, jangan terburu-buru untuk menggunakan obat pereda nyeri. Karena anda bisa melakukan pertolongan pertama pada sakit anda dengan meminum air putih. Minum air putih lebih dari tujuh gelas ternyata dapat meredakan sakit kepala, serta meningkatkan kualitas hidup dari mereka yang sudah sering menderita akibat migrain. Bahkan orang yang minum 1,5 liter air putih, sakit kepalanya berkurang hingga 21 jam, juga dengan intensitas sakitnya (Univ. Masstricht, Netherland)

10. Membuat Anda tetap waspada.

Kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan penyebab utama datangnya rasa lelah sepanjang hari. Jika lelah yang anda rasakan membuat anda ngantuk untuk tidur siang, maka cobalah meminum segelas air putih. Minum air putih yang cukup akan membuat anda bekerja dengan baik, paling tidak anda bisa tetap berkonsentrasi dan fokus. Seperti pada point 5 yang sudah disebutkan diatas, bahwa kekurangan air 1% saja bisa berpengaruh pada kinerja otak.

No comments:

Post a Comment