Thursday, December 6, 2012

Liburan Seru Tanpa Bikin kantong Bolong

Hawa liburan sudah terasa, tentu saat-saat seperti inilah anda harus memulai rencana liburan anda bersama keluarga tercinta. Ada banyak promo paket tour yang mulai ditawarkn di tempat-tempat perbelanjaan. Hal ini mungkin bisa membuat anda berpikir untuk merencanakan liburan yang cocok dengan kantong anda. Untuk mengkalkulasi biaya liburan bisa tergantung dari banyak faktor, salah satunya adalah pemilihan lokasi dimana anda akan berlibur. Pertama tentukan dulu apakah anda akan berlibur di tempat liburan yang ada di satu kota dengan anda, atau antar kota bahkan antar negera. Semuanya dapat direncanakan secara hemat asalkan anda mengetahui rincian biaya apa saja yang harus dikeluarkan serta bagaiman meminimalisir biaya lainnya.

Memilih tujuan tempat berlibur yang tepat merupakan langkah penting yang bisa memberikan anda gambaran tentang anggaran biaya agar tidak melebihi dari limit keuangan anda. Tempat Tujuan liburan yang akan dipilih serta berapa lama anda akan menghabiskan waktu libur anda adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan. Berikut ini adalah rencana liburan yang tidak perlu menghabisakan dana yang banyak :

Berkemah di Pantai. Cari pantai yang bernuansa alam dan jauh dari aktivitas rekreasi pantai. Dengan berkemah di sekitar pantai anda dan keluarga masih tetap bisa merasakan nikmatnya liburan walaupun dengan biaya yang minim. Memilih pantai yang tidak menyediakan rekreasi pantai, karena justru itulah yang biasanya menguras kantong. Buatlah jadwal kegiatan sebelum anda pergi berlibur, agar nanti anda tidak hanya bengong sewaktu liburan. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai alam antara lain berenang, konstruksi bangun pasir, bakar jagung, bakar ayam, bakar ikan, memancing, mencari kerang, bermain bola pantai, bermain voli pantai, dan masih banyak lagi sebenarnya yang bisa kita lakukan di pantai ini.

Berpetualang di Pegunungan. Merupakan objek wisata yang tak kalah istimewa dari wisata sebelumnya. Harganya murah karena anda dan keluarga akan melakukan petualangan sendiri di alam belantara pegunungan. Saran, pilih gunung yang bersahabat, yang banyak dihuni oleh masyarakat. Anda bisa melakukan camping atau berkemah di gunung bersama keluarga. Melakukan aktivitas semuanya sendiri, seperti masak air, masak nasi, mencari kayu bakar, mencari ikan dan masih banyak lagi. Libatkan seluruh anggota keluarga, karena ajang ini juga bisa menjadi media untuk mendekatkan hati antar anggota keluarga. Tips, sebelum pergi liburan anda harus minta dulu persetujuan seluruh anggota keluarga, apakah mereka bersedia melakukan tantangan ini, anda bisa membujuk mereka dengan menyodorkan referensi buku-buku atau film yang ada hubungannya dengan petualangan di gunung. Sehingga mereka menjadi semangat untuk liburan di alam terbuka.

Kedua tempat liburan itu yang saya rasa akan sangat meringankan anda dalam hal biaya tanpa mengurangi keseruan dalam berlibur. Anda bisa menghabiskan 3-5 hari di tempat liburan seperti itu bersama keluarga. Dengan sebelumnya anda sudah menjadwalkan mau melakukan apa saja di lokasi liburan, libatkan seluruh anggota keluarga yang ikut dalam liburan untuk sama-sama membuat rencana liburan, agar semuanya merasa memiliki liburan tersebut.

Membuat rencana liburan, terlebih lagi liburan di alam terbuka menjadi penting sekali, karena kita dituntut untuk mandiri menjalankan ide-ide sendiri. Bandingkan jika kita berlibur di tempat rekreasi yang sudah menyediakan banyak sekali wahana bermain, walaupun dari rumah kita tidak punya ide untuk melakukan apa nanti. Misalnya ketika kita masuk ke Dunia fantasi atau ancol, tentu yang tadinya tidak punya ide tetapi disana melihat roller coaster, kereta kuda, banana boat, kereta gantung, tentu kita akan langsung terpikir untuk mencoba wahana tersebut.

Tentu saja akan seru, tapi juga akan membuat kantong anda menjadi bolong jika tidak punya budget yang memadai. Jadi memilih tempat liburan memang penting. Mulai dari lokasi rekreasi, berapa lama akan pergi berlibur, mau melakukan apa saja nanti disana, akan menjadi penting untuk mendapatkan liburan yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment